Berita TerbaruPolitik

Bawaslu Ciamis Sebut Ada 6 Kategori Kerawanan Berpotensi di Pilkada

tjiamis.com,- Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Ciamis mengadakan rapat kordinasi dengan para OPD, Forkopimda dan Instansi vertikal lainnya.

Kegiatan tersebut dalam mempersiapkan pemetaan kerawanan untuk Pilkada Serentak Tahun 2024 di Kabupaten Ciamis.

Kegiatan tersebut berlangsung di Aula Bappeda Kabupaten Ciamis, Senin (05/08/2024).

Ketua Bawaslu Kabupaten Ciamis, Jajang Miftahudin menyebutkan kegiatan ini merupakan rakor pemetaan kerawanan untuk Pilkada serentak 2024.

“Kegiatan hari ini yaitu pemetaan kerawanan Pemilu serentak atau pilkada serentak. Jadi kita menghadirkan seluruh stakeholder yang ada di seluruh Kabupaten Ciamis,” katanya.

“Hal itu untuk membahas apa saja isu kerawanan yang mungkin terjadi di Pemilu 2024,” tambahnya.

Sementara itu, Wulan Sarifah sebagai Divisi Pencegahan, Partisipasi Masyarakat, dan Hubungan Masyarakat (P2HM) mengatakan, ada 6 point isu kerawanan.

Hal itu dasarnya dari Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) sebelumnya.

“Ada 6 kategori isu kerawanan yang terjadi menjelang Pemilu tahun 2024 yaitu, TPS di rumah sakit, Lapas atau pesantren. Lalu money politik,” ucapnya.

“Kemudian netralitas ASN, Intimidasi kepada penyelenggara Pemilu, kerawanan logistik dan pelanggaran kampanye,” tambahnya.

Wulan menambahkan, isu kerawanan terhadap Pemilu itu patut dilakukan pencegahan, agar tidak terjadi lagi di Pilkada selanjutnya. (Ocky/tjiamis.com)

Back to top button