Berita TerbaruPemerintahan

Pelatihan dan Pendampingan Agen NIB oleh DPMPTSP Ciamis

Tjiamis,- Dinas Penanaman Modal Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Ciamis melaksanakan pelatihan dan pendampingan agen NIB kepada para aparatur Desa dan Kecamatan guna mempermudah dan mempercepat pelayanan bagi masyarakat yang ingin mengurus perizinan berusaha di daerahnya masing masing.

Peserta kegiatan, disamping aparatur/operator Kecamatan dan Desa, juga diikuti oleh operator  lembaga-lembaga yang ada di Desa, seperti PKK, BUMDES, Karang Taruna dan sebagainya.

Plt Kepala DPMPTSP Ciamis Rudi SE, menyampaikan kegiatan pelatihan dan pendampingan agen NIB ini bertujuan untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi warga masyarakat yang akan membuat NIB.

“Kedepan Kecamatan, Desa, Lembaga Desa dapat memfasilitasi pembuatan NIB di wilayahnya masing-masing. Bahkan bisa membuat NIB nya sendiri, tidak perlu lagi datang ke kantor atau dilayani oleh petugas DPMPTSP,” ungkap Rudi Jumat (18/10/2024).

Baca juga: DPMPTSP Ciamis Laksanakan Akselerasi Pelayanan Perizinan Berusaha Penerbitan NIB di Kecamatan Cimaragas

Rudi menekankan bahwa proses pembuatan NIB sangat sederhana dan tidak membebani pelaku UMKM. “Dengan adanya OSS, mengurus izin usaha semudah mengakses internet. Kami juga menyediakan layanan bantuan bagi yang membutuhkan. Manfaat NIB sangat beragam, mulai dari akses perbankan hingga perlindungan hukum,” paparnya.

Pada tahun 2023 saja, DPMPTSP menerbitkan lebih dari 30.000 NIB, melampaui target awal sebanyak 10.000. Enam Kecamatan di Ciamis tahun 2023 yakni, Kecamatan Cikoneng, Banjarsari, Banjaranyar, Cidolog, dan Jatinagara mendapat pengakuan atas tingginya jumlah usaha yang terdaftar.

Untuk lebih meningkatkan pendaftaran NIB, DPMPTSP mempunyai program:

Meningkatkan frekuensi layanan keliling: Unit keliling akan mengunjungi lebih banyak desa dan berpartisipasi dalam lebih banyak acara komunitas.
Memanfaatkan platform digital, DPMPTSP akan terus menggalakkan sistem Online Single Submission (OSS) untuk kemudahan pendaftaran online.
Memberikan penjangkauan yang tepat sasaran: DPMPTSP akan fokus untuk menjangkau usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) serta usaha informal.

Back to top button