Berita TerbaruPemerintahan

Ini Upaya Puskesmas Imbanagara Ciamis Turunkan Kasus Stunting

Tjiamis,- Terjadinya penurunan kasus stunting di wilayah kerja Puskesmas Imbanagara, Ciamis, Jabar, dari Bulan Penimbangan Balita pada kurun Februari 2022 hingga Agustus 2022, tidak terlepas dari berbagai upaya yang dilakukan jajaran Puskesmas Imbanagara.

Tercatat dari kurun waktu Februari 2022 hingga Agustus 2022, terjadi penurunan kasus stunting dari awalnya  68 orang, menjadi 46 orang.

“Kegiatan yang dilakukan oleh Puskesmas Imbanagara di antaranya intervensi gizi spesifik pada ibu hamil, suplementasi besi folat atau tablet tambah darah, penyuluhan gizi seimbang untuk ibu hamil melalui kelas ibu,” ungkap Kepala Puskesmas Imbanagara Yani Lestari Rahayu, Apt MM kepada tjiamis.com beberapa waktu lalu.

Ditambahkan Yani, upaya lainnya dalam penurunanan angka stunting tersebut yakni pemberian PMT pada ibu hamil Kurang Energi Kalori (KEK), pada ibu menyusui promosi menyusui, edukasi pemberian makanan bayi dan Anak (PMBA).

“Terakhir terkait upaya penurunan angka stunting kami melakukan Penyuluhan PHBS (Pola Hidup Bersih dan Sehat), gizi seimbang pada balita kurus, pemberian PMT, advokasi ke desa untuk pemberian PMT balita stunting, kesehatan lingkungan, pemeriksaan bakteorologi air untuk balita stunting, advokasi ke desa untuk pembangunan sarana jamban yang layak,” jelasnya.

Dari informasi yang digali di lapangan, tentu saja Puskesmas Inbanagara melakukan koordinasi Lintas Sektor dengan pihak pihak terkait dalam upaya penurunan angka stunting tersebut. (Dk)

2 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button