Pemerintahan

Keren, Tahun 2024 di Kabupaten Ciamis Nihil Desa Berkembang

tjiamis.com,- Pada tahun 2024, Desa Berkembang di Kabupaten Ciamis saat ini nihil. Hal tersebut berdasarkan hasil penilaian Indeks Desa Membangun atau IDM.

Adapun hasil penilaian tersebut dalam pemaparan Deklarasi Indeks Desa Membangun (IDM) Kabupaten Ciamis tahun 2024.

Kegiatan tersebut berlangsung di Gedung KH. Irfan Hielmy Komplek Islamic Center Ciamis, Rabu (26/6/2024).

Acara tersebut dihadiri 457 orang yang terdiri dari Kepala Desa, Tenaga Ahli, Pendamping Desa, Pendamping Lokal Desa Se Kabupaten Ciamis.

Kemudian ada juga Ketua organisasi APDESI, PPDI, PABPDSI Kabupaten Ciamis serta unsur terkait lainnya.

Pj Bupati Ciamis Engkus Sutisna menyebutkan, ada kenaikan jumlah Desa Mandiri dan Desa Berkembang menurut Indeks Desa Membangun atau IDM dari tahun 2023.

“Status Desa Mandiri tahun 2024 di Ciamis sebanyak 210 desa, mengalami kenaikan sebanyak 32 desa, dari capaian tahun 2023 Desa Mandiri sebanyak 178 desa,” katanya.

Namun demikian, lanjut dia, untuk status Desa Maju mengalami penurunan pada tahun 2024 ini. Tahun ini Desa Maju ada sebanyak 48 desa di Kabupaten Ciamis.

“Kemudian status Desa Maju tahun 2024 sebanyak 48 Desa, mengalami penurunan sebanyak 25 Desa, dari capaian tahun 2023 Desa Maju sebanyak 73 Desa,” ucapnya.

Akan tetapi status Desa Berkembang tahun 2024 di Kabupaten Ciamis menjadi 0 atau nihil. Pencapaian ini merupakan hadiah ulang tahun Kabupaten Ciamis yang ke 382.

“Status Desa Berkembang menjadi 0 atau nihil dari capaian tahun 2023 sebanyak 7 Desa. Ini merupakan pencapaian luar biasa bagi Kabupaten Ciamis,” ungkapnya.

Terakhir Pj. Bupati Ciamis juga menyampaikan rasa syukur dan terimakasih kepada semua pihak terkait atas raihan tersebut.

“Terimakasih, ini semua berkat dari kerja keras kepala desa, camat, OPD se-Kabupaten Ciamis, DPMD yang bergandeng tangan memajukan pembangunan di Desa,” pungkasnya. (Ocky/tjiamis.com)

Back to top button